Tiga Staf Departemen Biokimia Mengikuti Pelatihan Bimtek DUPAK UGM

Yogyakarta, Juli 2022 – Tiga staf Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengikuti pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Daftar Penetapan Angka Kridit (DUPAK) bagi jabatan fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) yang diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya Manusia UGM. Pelatihan yang diikuti oleh seluruh PLP dari berbagai unit kerja di lingkungan UGM ini berlangsung pada tanggal 7, 8, dan 21 Juli 2022 di University Club Hotel UGM, Yogyakarta.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat PLP UGM untuk segera mengajukan kenaikan pangkat dan jabatan secara rutin, yaitu dua tahun sekali. Staf PLP Departemen Biokimia diajak berdiskusi mengenai strategi menjadi PLP yang kompeten dan profesional serta didukung untuk mengumpulkan dan menyusun DUPAK digital.

Dalam pelatihan ini, para peserta mendapatkan materi-materi seperti pembuatan bukti fisik perencanaan, evaluasi, pengembangan profesi, penunjang, dan pengoperasian peralatan dalam pengelolaan laboratorium. Selain itu, staf PLP juga dilatih untuk membuat portofolio dan cara memenuhi syarat uji kompetensi sehingga mereka dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya.

Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan ini, staf PLP akan lebih siap dan kompeten dalam tugasnya, sehingga dapat memperoleh kenaikan pangkat sesuai dengan kebutuhan dan kinerja mereka di tempat kerja. Pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme staf dan kualitas pelayanan publik yang disediakan oleh Departemen Biokimia FK-KMK UGM.