BERITA, SEMINAR DAN PELATIHAN

Departemen Biokimia Selenggarakan Webinar dan Workshop Genetic Experiment Training in the Lab (Get_Lab) Pertama

Yogyakarta, Maret 2023 – Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan rangkaian webinar dan workshop bertema biomolekuler untuk akademisi, praktisi, dan masyarakat umum pada 7 – 11 Maret 2023. Serial webinar dan workshop berjudul “Genetic Experiment Training in the Lab (Get_Lab)” ini diikuti oleh sekitar 40 peserta dari berbagai kalangan yang tertarik untuk mempelajari dasar-dasar genetik serta perkembangan terbaru dalam bidang ini.

Pemaparan materi webinar oleh Dr. Dra. Pramudji Hastuti, Apt., M.S.

Hands-on PCR konvensional

Pelatihan PCR oleh dr. Yogik Onky Silvana Wijaya, Ph.D.

Foto bersama peserta pelatihan GET_LAB

 

Webinar yang diadakan selama dua hari secara daring ini menghadirkan delapan narasumber dari dalam dan luar Departemen Biokimia, termasuk dr. Dian Kesumapramudya Nurputra, M.Sc, Ph.D., Sp.A. dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak dan Dr.rer.nat. dr. Dyah Laksmi Dewi, M.Sc., Sp.B dari Departemen Ilmu Bedah FK-KMK UGM. Selama webinar, peserta diajak untuk berdiskusi mengenai perkembangan penelitian genetik, terutama terkait efek variabilitas genomik pada karakteristik fenotipe manusia, perkembangan obat untuk penyakit genetik, dan peran big data pada penelitian kanker.

Setelah webinar, workshop dilaksanakan secara luring di Laboratorium Biokimia, Gedung Radiopoetro FK-KMK UGM. Selama workshop, peserta diperkenalkan pada konsep dasar genetik seperti struktur DNA, replikasi DNA, dan transkripsi dan translasi. Melalui kegiatan ini, peserta berkesempatan untuk melakukan praktik langsung (hands-on) beberapa teknik biomolekuler termasuk mendesain primer untuk analisis polymerase chain reaction (PCR), konvensional PCR untuk deteksi varian, dan real-time PCR untuk analisa gene dosage. Selain itu, peserta diajak berdiskusi mengenai hasil analisisnya dan melakukan trouble-shooting.

Peserta yang mengikuti workshop mengaku sangat senang dengan kesempatan ini. “Saya sangat tertarik dengan genetik dan workshop ini memberikan banyak informasi dan pandangan baru bagi saya,” kata salah satu peserta, Yovita. “Saya berharap ada lebih banyak acara seperti ini di masa depan.”

Webinar dan workshop biomolekuler ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan peneliti terkait pengetahuan dan teknik biomolekuler di bidang biomedis sehingga dapat mengembangkan penelitian genomik secara mandiri.