,

Guest Lecture: Peran Nutrisi dalam Modifikasi Epigenetik pada Penyakit Kronis

Yogyakarta, September 2022 – Guest Lecture dengan judul Nutrient Regulation of Epigenetic Modifications in Cancer and Other Chronic Diseases yang dilaksanakan pada tanggal 7 September 2022 berlangsung sukses. Diadakan secara daring, Guest Lecture ini diikuti oleh lebih dari 70 peserta dari berbagai institusi di Indonesia. Kali ini Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengundang Dr. Hong Chen dari Division of Nutritional Sciences, Department of Food Science and Human Nutrition, University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat.

Dr. Chen yang merupakan seorang associate professor memiliki fokus penelitian pada regulasi nutrisi dalam modifikasi epigenetik pada penyakit kanker dan beberapa penyakit kronis lainnya dengan topik spesifik mengenai pengaruh komponen nutrisi, senyawa aktif, dalam modifikasi epigenetik di sel kanker kolon serta bagaimana hal tersebut dapat berkontribusi dalam tumorigenesis. Pada kuliahnya, Dr. Chen menyampaikan pentingnya mengidentifikasi pangan fungsional, mengkaji mekanisme molekulernya, dan menerjemahkannya pada tahap klinis guna mencegah dan menangani kanker kolon.

Selain Dr. Chen, guru besar Departemen Biokimia, Prof. Dr. Dra. Sunarti, M.Kes., juga memberikan kuliah mengenai aplikasi nutrigenomik pada gangguan sindroma metabolik. Melalui kuliahnya, Prof. Sunarti membagikan beberapa hasil penelitiannya yang memanfaatkan berbagai macam bahan pangan, seperti buah bit, labu, gembili, dan garut, untuk memodifikasi beberapa gen terkait metabolisme pada kondisi diabetes melitus dan hiperkolesterolemia secara in vivo.

Dengan adanya webinar yang mengusung tema nutrigenomik yang akhir-akhir ini menjadi topik menarik di masyarakat umum, Dr. rer.nat. Risky Oktriani, S.Si., M.Biotech., M.Sc. selaku ketua panitia berharap dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan tidak hanya untuk akademisi di kalangan FK-KMK dan UGM, tetapi juga di luar UGM. Selain itu, guest lecture ini diharapkan dapat menjadi awalan kerja sama antara FK-KMK dengan Division of Nutritional Sciences dan Department of Food Science and Human Nutrition, University of Illinois at Urbana-Champaign dalam peningkatan mutu akademik dan penelitian.