, , , ,

Biro Sehat #6: “Mengelola Kelelahan Saat Berpuasa – Fatigue Management”.

Yogyakarta, Maret 2024 – Pada Rabu, 27 Maret 2024, Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar talkshow dalam rangkaian acara “Biro Sehat 2024: Bincang Romadon Seputar Kesehatan”. Topik yang dibahas pada kesempatan kali ini adalah “Mengelola Kelelahan Saat Berpuasa – Fatigue Management“.

Dalam suasana bulan Ramadan yang penuh berkah, penting bagi individu yang menjalani ibadah puasa untuk dapat mengelola kelelahan dengan baik. Untuk mendalami topik ini, narasumber yang diundang adalah Ari Prayogo Pribadi, Ph.D., seorang Dosen Departemen Perilaku Kesehatan Lingkungan dan Kedokteran Sosial FK-KMK UGM. Dengan keahliannya dalam bidang perilaku kesehatan, Ari memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana mengelola kelelahan selama berpuasa, sehingga dapat menjalani ibadah dengan lebih nyaman dan optimal.

Bapak Ari Prayogo Pribadi, Ph.D. memaparkan materi Fatigue Management.

Kegiatan ini juga diarahkan untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3 dan 4, yaitu kesehatan yang baik dan pendidikan yang berkualitas untuk semua. Dengan memberikan pemahaman yang lebih luas tentang cara mengelola kelelahan saat berpuasa, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka selama bulan Ramadan.

Talkshow ini menjadi salah satu upaya FK-KMK UGM dalam memberikan edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan kesehatan, terutama yang terkait dengan ibadah puasa, untuk mencapai SDGs nomor 3 dan 4. Dengan partisipasi aktif dari narasumber yang kompeten dan antusiasme peserta, diharapkan pesan-pesan penting tentang kesehatan dan kesejahteraan dapat tersebar luas dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, talkshow series “Biro Sehat 2024: Bincang Romadon Seputar Kesehatan” menjadi sarana yang penting untuk bertukar informasi dan pengetahuan yang berguna bagi masyarakat, sehingga mereka dapat menjalani ibadah puasa dengan lebih baik dan sehat. Melalui kegiatan ini, Departemen Biokimia berharap dapat membantu menyukseskan SDGs nomor 3 dan 4.