, , , ,

Biro Sehat #7: “Puasa pada Anak”

Yogyakarta, April 2024 – Pada Selasa, 2 April 2024, Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan salah satu sesi dalam rangkaian talkshow “Biro Sehat 2024: Bincang Romadon Seputar Kesehatan”. Kali ini, topik yang dibahas adalah “Puasa pada Anak”.

Dalam suasana bulan Ramadan, pertanyaan tentang keamanan dan manfaat puasa pada anak seringkali muncul di kalangan orang tua. Untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai hal ini, narasumber yang diundang adalah dr. Dian Kesumapramudya Nurputra, M.Sc., Ph.D., Sp.A.,

dr. Dian Kesumapramudya Nurputra, M.Sc, Ph.D, Sp.A. memaparkan materi terkait puasa pada anak.

seorang Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK-KMK UGM. Dengan keahliannya dalam ilmu kesehatan anak, dr. Dian memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana melaksanakan puasa pada anak dengan aman dan memperhatikan aspek kesehatannya.

 

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan informasi, tetapi juga untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3 dan 4, yaitu kesehatan yang baik dan pendidikan yang berkualitas untuk semua. Dengan memberikan pemahaman yang lebih luas tentang puasa pada anak, diharapkan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan lebih aman dan sehat bagi anggota keluarga yang masih berusia anak-anak.

Talkshow ini merupakan bagian dari upaya FK-KMK UGM dalam memberikan edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan kesehatan, terutama yang terkait dengan ibadah puasa. Dengan partisipasi aktif dari narasumber yang kompeten dan antusiasme peserta, diharapkan pesan-pesan penting tentang kesehatan anak selama bulan Ramadan dapat tersebar luas dan dapat diterapkan dalam praktik sehari-hari yang akhirnya dapat menyukseskan SDGs nomor 3 dan 4.

Dengan demikian, talkshow series “Biro Sehat 2024: Bincang Romadon Seputar Kesehatan” menjadi wadah yang penting untuk bertukar informasi dan pengetahuan yang berguna bagi masyarakat, terutama dalam konteks menjalankan puasa dengan aman dan sehat, bahkan pada anak-anak. Departemen Biokimia berharap dapat turut mencapai tujuan SDGs nomor 3 dan 4 melalui kegiatan ini.