, , , ,

Biro Sehat #5: “Sukses Meng-ASI-hi di Bulan Ramadhan: Berpuasa bagi Ibu Menyusui”

Yogyakarta, Maret 2024 – Pada Jumat, 22 Maret 2024, Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mengadakan sesi dalam rangkaian talkshow “Biro Sehat 2024: Bincang Romadon Seputar Kesehatan”. Kali ini, topik yang diangkat adalah “Sukses Meng-ASI-hi di Bulan Ramadhan: Berpuasa bagi Ibu Menyusui”.

Talkshow ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana seorang ibu yang sedang menyusui dapat tetap menjalani puasa Ramadan dengan sukses, sambil menjaga kesehatan dirinya dan bayinya. Narasumber yang dihadirkan adalah Dr. Diah Wulandari, M.Keb., seorang Dosen Program Studi Magister Kebidanan FK-KMK UGM. Dengan latar belakang dan keahliannya dalam bidang kebidanan, Dr. Diah memberikan panduan yang berharga tentang nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui selama bulan puasa, serta tips-tips praktis dalam menjaga kesehatan tubuh dan kelancaran pemberian ASI.

Dr. Diah Wulandari, M.Keb. memberikan materi terkait ASI dan Ibu Menyusui selama puasa.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya FK-KMK UGM dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3 dan 4, yaitu kesehatan yang baik dan pendidikan yang berkualitas untuk semua. Dengan memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat bagi ibu menyusui, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga secara keseluruhan.

Melalui talkshow series ini, FK-KMK UGM terus berkomitmen untuk menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, terutama selama bulan Ramadan. Dengan adanya partisipasi aktif dari narasumber yang kompeten dan antusiasme peserta, diharapkan pesan-pesan penting tentang kesehatan ibu dan anak dapat tersebar luas dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan SDGs nomor 3 dan 4 pun dapat tercapai.

Dengan demikian, talkshow “Biro Sehat 2024: Bincang Romadon Seputar Kesehatan” menjadi wadah yang penting untuk bertukar informasi dan pengetahuan yang berguna bagi masyarakat, khususnya ibu menyusui, dalam menjalani bulan Ramadan dengan lebih baik dan sehat. Dengan kegiatan ini, Departemen Biokimia berharap dapat membantu menyukseskan SDGs nomor 3 dan 4.